Revitalisasi Kota Tua Akan Selesai Pertengahan 2007

JAKARTA–MIOL: Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta memperkirakan revitalisasi Kota Tua, Jakarta Pusat, yang saat ini masih digarap diperkirakan baru akan selesai pada pertengahan 2007.

“Rencananya ‘launching’ Kota Tua baru akan dilaksanakan pertengahan tahun, sekitar bulan Juni 2007,” kata Kepala Subdinas Pengawasan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta, Candrian Attahiyyat, setelah pembukaan Pameran 1.000 Foto di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan ada lima tempat di daerah Kota yang menjadi fokus utama dalam revitalisasi Kota Tua saat ini. Lima tempat tersebut adalah Taman Fatahillah, Jalan Kunir, Pintu Besar Utara, Jalan Pos Kota, dan Kali Besar.

Menurut Candrian, ke depan pelestarian daerah Kota Tua akan mengikutsertakan masyarakat dan pihak swasta. Keikutsertaan pihak swasta untuk pelestarian Kota Tua ini tidak dilakukan dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk barang seperti menyumbang tanaman atau lampu hias. “Pihak swasta dapat melakukan investasi di daerah Kota Tua ini,” ujar Candrian.

Mengenai dana revitalisasi Kota Tua untuk 2007, dia mengatakan, hingga saat ini belum diketahui besaran anggaran yang akan dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, Candrian juga mengatakan, saat ini sudah ada “Green Map” Kota Tua. Namun, menurut dia, belum ada “Herittage Map” yang menggambarkan warisan bersejarah secara lengkap yang ada di Kota Tua.

“Sudah ada rencana untuk membuat ‘Herittage Map’ dalam waktu dekat ini.Namun, masih menunggu hasil dari ‘scanning’ lokasi yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa asing bekerjasama dengan mahasiswa Indonesia.

Dia mengatakan “scanning” itu akan memperlihatkan bangunan atau benda mana saja di daerah Kota Tua ini yang memiliki nilai sejarah, dan mana yang tidak, sehingga dapat diketahui peninggalan mana saja harus segera direvitalisasi. (ANT/OL-03)

Sumber: Media Indonesia, 1 Februari 2007

Iklan

%d blogger menyukai ini: