Istana Merdeka Akan Direnovasi

Tempat tinggal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta akan direnovasi sebab banyak bagian bangunan yang sudah mulai rapuh. Belum diketahui berapa biaya yang diperlukan untuk renovasi.

“Istana Merdeka sudah sebaiknya kita perbaiki. Itu sudah terlalu lama,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto usai menemui Presiden di kantornya di Jakarta, Selasa (21/3).

Selain rapuh, menurutnya, ada beberapa ruas bangunan di Istana yang dibangun tahun 1873 itu sudah tidak pantas ditempati oleh Presiden Susilo. “Ada patung kuda yang sudah tidak pantas, ada yang sudah banyak rayap dan di ruang tamu presiden ada yang sudah melengkung,” katanya.

Menurutnya, renovasi yang akan dilakukan bisa memakan waktu 6-7 bulan sehingga Presiden Susilo harus pindah dari lokasi tersebut. “Kalau direnovasi, presiden harus pindah dulu, bisa ke Istana Negara atau Wisma Negara,” katanya.

Istana Merdeka mulai dibangun 1873 pada jaman Pemerintahan Gubernur Jenderal Louden dan selesai 1879 pada masa Gubernur Jenderal Johan Willem van Landsbarge. Bangunan yang menghadap jalan Merdeka Utara ini, berdiri di atas tanah 2.400 meter persegi dibangun oleh arsitek Drossares. Istana Negara juga dulu dikenal dengan nama Istana Gambir.

Sumber: Ant
Penulis: Nik

Sumber: Kompas, 21 Maret 2006


%d blogger menyukai ini: