Bekas Gedung Imigrasi Selesai Direnovasi

Pemprov DKI Jakarta tengah mencari pihak yang dinilai mampu untuk mengelola eks gedung Imigrasi di Jalan Teuku Umar, Jakpus. Gedung yang dibangun 1913 oleh arsitek Belanda, Pieter Adrian Jacobus Moojen, telah selesai direnovasi dan akan dijadikan tempat galeri lukisan. Diharapkan galeri sudah bisa dibuka untuk umum pada pertengahan tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta, Aurora Tambunan, mengemukakan hal itu di Balaikota, Selasa (14/2). Ia menjelaskan sudah ada beberapa pihak yang menyatakan tertarik, namun pihaknya belum menentukan pilihan.

Pihak yang dicari, lanjut Aurora, adalah yang mampu mengelola dan sanggup mempertahankan nilai heritage dari gedung yang dulu dibangun sebagai tempat lingkar seni Hindia Belanda. Pengelola, nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta.

Aurora mengatakan pihaknya belum memikirkan nama galeri tersebut dan belum memutuskan apakah akan dijadikan galeri murni atau galeri yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti kafe.

Sementara soal koleksi lukisan yang akan dipamerkan, Aurora menyebutkan, lukisan yang akan dipajang merupakan lukisan koleksi Dewan Kesenian Jakarta. Jumlah lukisan koleksi Dewan Kesenian Jakarta saat ini sebanyak 339 buah.

Proses renovasi eks gedung Imigrasi itu berlangsung 3 tahun dan memakan biaya belasan miliar rupiah.

Penulis: Ima


%d blogger menyukai ini: