Bangunan Tua Merana

Padang, Kompas – Berbagai bangunan tua di Kota Padang, Sumatera Barat, saat ini tampak merana tanpa upaya mengoptimalkan fungsinya sebagai bangunan tua yang bernilai historis. Bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun itu tersebar di kawasan Kota Tua Padang.

Pengamatan Kompas, Rabu (16/11), puluhan bangunan tua di Kota Padang itu sebagian masih dibiarkan seperti aslinya, misalnya pertokoan di kawasan Kota Tua Padang di Pasar Mudik, Palinggam, dan sekitar Muaro Padang. Deretan pertokoan dengan konstruksi asli berusia ratusan tahun itu berdiri kokoh di tengah bangunan-bangunan modern.

Meski bangunan kuno itu masih berdiri kokoh, wajah asli pertokoan tampak makin kusam karena sama sekali tak ada pemeliharaan. Pertokoan tua di Pasar Mudik dan Palinggam misalnya, dibiarkan apa adanya tanpa perawatan.

Tidak dioptimalkannya fungsi bangunan tua di Padang, dikhawatirkan menghilangkan nilai-nilai historis bangunan tua itu sebagai salah satu warisan sejarah masa lalu Sumatera Barat.

Apalagi, bangunan tua di Kota Padang ini sebagian besar kini berfungsi sebagai gudang rempah-rempah, gudang cokelat, tempat penyimpanan gambir dan juga pertokoan. Keaslian bangunan tua di Padang terusik oleh adanya beberapa bangunan tambahan. (ZUL/NAL/AIK/BIL)

Sumber: Kompas, Sabtu, 19 November 2005


%d blogger menyukai ini: