Wisata Tempo Doeloe di Kawasan Kota

Liputan6.com, Jakarta: Jalan-jalan sore sambil berkeliling museum boleh juga dilakukan sesekali. Kita bisa mengikuti wisata museum peninggalan Belanda seperti yang diikuti 100 peserta, Ahad (3/4). Salah satu lokasi bersejarah yang dikunjungi adalah Museum Bank Mandiri di Jalan Pintu Besar Utara, Jakarta Pusat. Gedung itu tepat di depan Stasiun Kereta Api Beos atau Stasiun Jakarta Kota.

Museum Bank Mandiri dahulu dikenal sebagai Gedung Nederlandsche Handel Maatschappij (N.H.M) atau kantor pengelola uang milik Belanda. Gedung itu dibangun pada 1927 dengan arsitektur gaya Eropa. Hingga kini, kondisi bangunan masih bagus dan keasliannya masih dipertahankan. Ruang direksi dan ruang rapat masih tertata seperti ketika masih digunakan. Begitu juga ruangan arsip dan brankas.

Acara tur dimulai dengan rekonstruksi kegiatan perbankan tempo doeloe seperti yang dilakukan saudagar Cina pada abad 20. Selanjutnya pemutaran film dokumenter tentang Kota Batavia. Puas menyaksikan drama dan film, peserta diajak mengelilingi museum berlantai lima itu. Pemandu wisata getol memberi penjelasan dari setiap ruangan yang dimasuki. Peserta juga diajak naik ke atap untuk memandang suasana kawasan di Stasiun Beos.

Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya Indonesia selaku penyelenggara tur berharap, masyarakat dan Pemerintah DKI Jakarta tetap memelihara bangunan bersejarah. Di kawasan Kota misalnya, banyak bangunan peninggalan Belanda terancam punah karena tak terawat.(KEN/Dewi Puspita dan Gatot Setiawan)

Sumber: Liputan 6, 04 April 2005

Iklan

%d blogger menyukai ini: