Puluhan Bangunan Bersejarah di Serang Terancam Rusak

Serang, Kompas – Puluhan bangunan bersejarah yang masuk kategori benda cagar budaya di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, terancam rusak. Ancaman tersebut berupa pembongkaran hingga rencana perubahan fungsi menjadi pusat perbelanjaan.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan pada Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang, Fitra Arda, dan Staf Perlindungan Soni Prasetia yang ditemui di Serang, Rabu (27/10). Menurut Fitra, saat ini terdapat 87 benda cagar budaya di Kabupaten Serang.

Benda-benda cagar budaya meliputi situs-situs, bangunan-bangunan peninggalan zaman kolonial, dan benda-benda bersejarah lainnya. Sebagian besar benda-benda bersejarah tersebut terkonsentrasi di bekas kompleks Kesultanan Banten, kawasan Banten Lama, di Kecamatan Kasemen.

Sebagian bangunan bersejarah lainnya kini dimanfaatkan untuk kantor pemerintahan, seperti untuk kantor Gubernur Banten, Bupati Serang, Komando Resor Militer (Korem) Maulana Yusuf, Komando Distrik Militer (Kodim) Serang, Kepolisian Resor (Polres) Serang, bekas Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dan sebagainya.

Fitra mengatakan, pihaknya baru bisa mendata dua per tiga dari seluruh benda bersejarah itu sebagai benda cagar budaya. “Bangunan-bangunan bersejarah itu terancam (rusak) akibat maraknya pembangunan sebagai konsekuensi Banten sebagai provinsi baru,” katanya.

Menurut Soni Prasetia, ancaman perusakan tersebut kini juga menimpa Markas Kodim Serang. Bangunan peninggalan masa kolonial Belanda itu rencananya akan dirobohkan untuk dibangun menjadi pusat perbelanjaan berlantai lima.

“Dari segi arsitektural, ada unsur-unsur bangunan kolonial Belanda pada bangunan Markas Kodim Serang. Selain berumur lebih dari 50 tahun, bangunan itu mewakili masa yang khas dengan gaya yang khas,” ujar Soni.

Hingga kini, pihaknya belum menerima permintaan izin atau rekomendasi untuk pembangunan pusat perbelanjaan itu.

“Tanpa rekomendasi dari balai, pembangunan mal di lokasi Markas Kodim Serang harus dihentikan,” kata Fitra.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Serang Agus Erwana mengatakan, pemkab belum mengeluarkan izin apa pun untuk pembangunan mal di lokasi tersebut.

Kompleks Markas Kodim Serang terletak di Jalan Veteran, Serang, tidak jauh dari Alun- alun Kota Serang. (SAM)

Sumber: Kompas, Kamis, 28 Oktober 2004


%d blogger menyukai ini: